Sunday, May 6, 2012

Sebelum Ujian Nasional, Basuh Dulu Kaki Ibu...

Image: http://image2.tempointeraktif.com/?id=118473&width=475

Sebanyak 21 siswa bersimpuh di depan ibunya, yang duduk berbaris di kursi. Para siswa itu memegang wadah tempat air yang terbuat dari tanah liat. Lalu, secara bersamaan para siswa membasuh kaki ibu mereka masing-masing.

Prosesi itu berlangsung pada Sabtu 5 Mei 2012 pagi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Semen, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan. Ritual itu dilakukan untuk menghadapi ujian nasional tingkat sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang berlangsung hari ini hingga Rabu mendatang.

Suasana prosesi berlangsung penuh haru. Satu per satu siswa juga sungkeman dengan para ibu yang hadir. Sejumlah siswa dan ibu mereka meneteskan air mata hingga berpelukan. "Kami semua berdoa semoga anak-anak ini bisa menyelesaikan pendidikan dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi," ucap Nur Khofsoh, ibunda Erna Afifah, seusai sungkeman dan basuh kaki.

Ritual ini dipercaya memberi dukungan moral dan wujud meminta doa restu orang tua. Sebelum ritual basuh kaki sang ibu, para siswa dan jajaran guru setempat melaksanakan salat duha dan doa bersama. "Kegiatan ini diharapkan menguatkan mental anak-anak dan doa ibu itu sangat diperlukan untuk kesuksesan anaknya, termasuk dalam menempuh pendidikan," ujar Kepala MI Negeri Semen, Khambali.


Salah seorang siswa, Erna Afifah, berharap ritual seperti ini menimbulkan rasa percaya diri dan kesalahannya kepada ibu selama ini dimaafkan. "Harapannya bisa lancar mengerjakan UN dan yakin lulus."


SUMBER (http://www.tempo.co/read/news/2012/05/07/079402055/Sebelum-Ujian-Nasional-Basuh-Dulu-Kaki-Ibu)


namanya juga ritual...
tapi ya alangkah baiknya kalau disertai dengan belajar
Source :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=14335237&goto=newpost

No comments:

Post a Comment