Wednesday, May 2, 2012

HARDIKNAS : Program Pendidikan Gratis

Dalam rangka Hardiknas, kami akan sharing salah satu program pendidikan yg telah berhasil direalisasikan Alex Noerdin di Sumatera Selatan.
Program tersebut adalah Sekolah Gratis, yang membebaskan orangtua peserta didik dari kewajiban membayar biaya operasional sekolah, karena dibiayai oleh Pemerintah dengan besaran tertentu, berdasarkan kebutuhan dasar setiap peserta didik/tahun.

Kenapa program Sekolah Gratis? Karena sesuai dgn PP No. 48 tahun 2008, tentang pendanaan pendidikan. Disebutkan dalam PP tersebut, bahwa pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat. Program Sekolah Gratis ini dimaksudkan untuk merealisasikan amanat Peraturan Perundang-undangan yg telah ditetapkan, yaitu yang bersumber dari:

1. UUD 1945 pasal 31 ayat (1).

2. UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Pasal 29.

3. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

4. Peraturan Pemerintah No. 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

5. Perda Provinsi Sumatera Selatan no. 3 Tahun 2009 tentang Program Sekolah Gratis.

6. PerGub Sumatera Selatan No. 31 Tahun 2009 tentang Program Sekolah Gratis.

Nah, jika siswa tidak perlu membayar biaya sekolah, lalu darimana sumber biaya program Sekolah Gratis?

Program Sekolah Gratis dibiayai dgn dana APBD provinsi dan kabupaten/kota berdasarkan kemampuan daerah dan kesepakatan bersama. Pengalokasian dana tersebut sesuai dgn ketentuan UUD ’45 yg mengamanatkan agar 20% dana APBD dialokasikan utk sektor pendidikan.

Sasaran program Sekolah Gratis adalah semua penduduk yang tercatat sebagai peserta didik pada sekolah atau madrasah. Semua jenjang mulai dari pendidikan dasar, sampai dengan jenjang pendidikan menengah bisa merasakan program Sekolah Gratis.

Program Sekolah Gratis sendiri, secara nyata merupakan implementasi program Wajib Belajar 12 tahun, sebagai kelanjutan dari program Wajib Belajar 9 tahun.

Ingin Jakarta dapat juga merasakan Sekolah Gratis seperti yang telah dirasakan masyarakat Sumatera Selatan? Pilih yg telah membuktikan programnya.

Program Sekolah Gratis ini, akan diberlakukan sehari setelah pelantikan Pak Alex Noerdin dan Pak Nono Sampono menjadi pemimpin DKI 1.

Sekali lagi, selamat Hari Pendidikan Nasional :)

Sumber : http://on.fb.me/IF0aGs

*Bagaimana pendapat agan2 sekalian, Cagub DKI mana yg berani menjanjikan program spt ini* :iloveindonesia
Source :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=14249129&goto=newpost

No comments:

Post a Comment